Manchester United

Pages

web4invest murah berkah bisnis

Saturday 21 January 2012

Manfaat protein kedelai yang luar biasa





Istilah Protein mungkin sudah sering kita dengar bahkan sejak kita masih kecil karena protein adalah salah satu bagian dari makanan sehat. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus. Selain itu protein juga memiliki peran penting dalam pembentukan sistem kekebalan (imunitas) sebagai antibodi, sistem kendali dalam bentuk hormon.

Disamping menjadi salah satu sumber gizi, pada prinsipnya protein berperan menunjang keberadaan setiap sel tubuh dan proses kekebalan tubuh. Setiap orang dewasa sedikitnya wajib mengkonsumsi 1 g protein per kg berat tubuhnya. Kebutuhan akan protein bertambah pada perempuan yang mengandung dan atlet.

Kekurangan Protein bisa berakibat fatal:

* Kerontokan rambut.
* Penyakit kekurangan protein atau biasa disebut kwasiorkor. Umumnya penderitanya adalah anak kecil yang tidak mendapat asupan nutrisi protein yang cukup pada masa pertumbuhannya.
* Kekurangan yang terus menerus menyebabkan marasmus dan hingga menyebabkan kematian.

Sumber Protein :

* daging
* ikan
* telur
* susu
* Tumbuhan berbiji
* polong-polongan
* kentang

Protein Hewani
Protein hewani berasal dari daging, telur dan susu. Protein hewani memberikan manfaat pertumbuhan sel-sel organ tubuh. Selain itu juga membantu pembentukan otak manusia dan sel darah merah lebih kuat sehingga tidak mudah pecah. Dengan demikian menjadikan otak organ cerdas.

Kekurangan protein menjadikan seseorang rentan terhadap penyakit dan akan gampang sakit. Oleh karena itu dianjurkan agar daging telur dan susu sudah diberikan sejak dini. Protein hewani bermutu tinggi sangat vital untuk pembentukan otak sejak anak masih janin sampai umur 2 tahun.

Protein nabati
Makanan nabati tidak mengandung kolesterol yang bisa menaikkan kadar kolesterol darah yang membawa risiko terhadap jantung.

Disamping itu daging juga tidak mengandung serat makanan. Sumber serat adalah makanan nabati, terutama buah, sayur, dan kacang-kacangan. Dimana serat makanan memiliki peran penting yang dibutuhkan tubuh untuk memperlancar proses pengeluaran sisa-sisa makanan dari usus.

Selain serat, makanan nabati juga mengandung banyak zat-zat nongizi seperti ratusan jenis karotin, khlorofil dan zat makanan minor yang berfungsi antioksidan, antitumor, antikanker.
Terkutip dari wikipedia.org, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Biokimiawan USA Thomas Osborne Lafayete Mendel, Profesor untuk biokimia di Yale, tahun 1914, mengujicobakan protein hewani dan nabati kepada kelinci. Satu grup kelinci diberikan makanan protein hewani saja, sedangkan grup yang lain hanya diberikan protein nabati. Dari hasil studi tersebut didapati bahwa kelinci yang memperoleh protein hewani lebih cepat bertambah beratnya daripada kelinci yang hanya memperoleh protein nabati. Lebih lanjut, sebuah studi uang dilakukan terpisah oleh McCay dari Universitas Berkeley, menunjukkan bahwa kelinci yang memperoleh protein nabati, lebih sehat dan hidup dua kali lebih lama.
 
Protein kedelai yang muncul sebagai salah satu sumber protein yang besar alternatif untuk konsumsi manusia. Ahli kesehatan semua bersemangat tentang bagaimana protein kedelai dapat mengubah wajah gizi. Apa semua kemarahan? Berikut adalah beberapa alasan bagus untuk mendapatkan dengan protein kedelai.

Protein kedelai Protein Tanaman

Kacang kedelai mengandung protein lengkap dan memiliki salah satu dari yang mudah dicernakan protein terbaik di antara semua sumber protein. Kacang kedelai juga mengandung lemak sedikit atau tidak ada dan hampir tidak ada kolesterol. Yang toleran laktosa akan senang mengetahui bahwa kacang kedelai tidak mengandung laktosa.

Menjadi tanaman protein, kedelai bebas dari steroid dan antibiotik mengandung protein hewani. Hal ini juga bebas dari parasit yang mencemari beberapa produk. Mereka juga mengandung satu pun dari penyakit yang dapat kontrak dari sumber berarti seperti Mad Cow Disease, dan Kaki dan Penyakit Mulut.


Vegetarian cinta kacang ini karena menyediakan yang sebanding - jika tidak lebih baik - sebagai sumber protein hewani dibandingkan dengan rekan nya. Ini menyediakan protein yang lebih baik dan lebih mudah untuk mencerna dan sebanding dengan suplemen protein yang paling.


Kacang kedelai Sangat serbaguna

Kacang kedelai sangat serbaguna. Berbagai masakan, terutama Asia mengenali nilai dari kacang kedelai yang rendah hati. Berbagai hidangan lezat alami semua berbasis kedelai: tahu, puding kedelai, susu kedelai, dan pengganti daging - belum lagi bumbu seperti kecap, dan saus hoi dosa.

Untuk mengatasi masalah kelaparan dunia, pertumbuhan kedelai telah disarankan. Tidak hanya kedelai mudah untuk tumbuh dan panen, mereka akan tumbuh cukup banyak di mana saja dan menghasilkan banyak dalam sedikit waktu. Ada petani dilaporkan telah mengganti seluruh tanaman mereka sesuai dengan tanaman kacang kedelai. Tanaman ini sedikit hardy menghasilkan banyak per panen, dan, seperti dikatakan sebelumnya, bahkan dapat tumbuh di dataran yang paling mencoba.


Pengganti Besar

Kedelai rendah lemak dan dapat digunakan untuk menggantikan sumber protein yang paling. Saat memasak, Anda dapat menggunakan substitusi kedelai tepung bukan untuk alternatif rendah lemak. Hal ini membuat sumber protein yang besar bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa mengorbankan kebutuhan protein mereka.

Binaragawan sedang mempertimbangkan bagaimana hal ini dapat membuat pekerjaan mereka jauh lebih mudah. Tanpa lemak dan dengan semua kebaikan protein - mudah dicerna pada saat itu - binaraga baru saja menerima berkat yang besar dari makanan.


Meskipun binaragawan sedang memperdebatkan bagaimana kedelai dapat menjadi membantu binaragawan, tidak mengambil apa saja dari apa yang kedelai dapat berkontribusi pada kesehatan keseluruhan seseorang.

 Hal ini sangat dianjurkan untuk tetap protein alami daripada proses protein jika mungkin, karena makanan olahan biasanya memiliki beberapa risiko yang menyertainya. Penggunaan terbaik dari makanan ini dapat dikaitkan dengan bagaimana dengan sempurna cocok dengan rendah lemak siapa pun diet, protein tinggi.

Produk kedelai dapat dimasukkan ke dalam getar dan minuman. Dan menjadi bebas laktosa, laktosa intoleran orang akan tetap bisa mendapatkan milkshake memperbaiki tanpa harus menderita begitu.


Produk kedelai juga merupakan sumber besar nutrisi lain seperti saponin, isoflavon, dan phytosterol. Saponins membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Hal ini juga menggabungkan dengan kolesterol untuk menghindari peningkatan penyerapan kolesterol dalam tubuh. Phytosterols juga membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh dengan cara yang sama saponin lakukan.


Isoflavon merupakan antioksidan kuat dan mencegah efek radikal bebas dalam tubuh. Mereka mencegah banyak tanda-tanda penuaan dan telah dikenal untuk membantu mencegah kanker. Ini saja membuat kedelai sumber protein keajaiban di dalam dirinya sendiri.


Isoflavon, bersama dengan vitamin A, C, dan E adalah salah satu front liner dalam memerangi penyakit tersebut - mereka juga melawan efek polusi, dan stres.


Berapa Banyak Terlalu Banyak

Tidak seperti sumber protein lain, cukup aman untuk mengkonsumsi sejumlah macam produk kedelai. Sementara alergi untuk produk kedelai ada, kasus sedikit dan jauh antara. Ketika berubah ke diet kedelai Namun, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter Anda atau ahli gizi Anda. Tanyakan secara spesifik jika mengganggu kedelai dengan obat resep yang kita pakai.

Kedelai dapat menjadi berkat besar bagi orang-orang yang mencari sumber protein yang tidak berarti efek samping dari sebagian besar sumber-sumber lain. Akan dianjurkan untuk satu untuk menjelajahi bagaimana dapat memperbaiki pola makan seseorang.





Manfaat Masing-Masing Zat 
1. Manfaat Protein
a. Baik untuk sistem pencernaan/lambung
b. Memperkuat sistem daya tahan tubuh
c. Membantu sistem pernafasan
d. Menghasilkan hormon & enzim serta fungsi protein lainnya
2.
Manfaat Kolagen
a. Kecantikan kulit
b. Membantu menyembuhkan luka
c. Mengurangi masalah lambung/maag
d. Baik untuk paru-paru
e. Bersama chondroitin membentuk tulang rawan baru
3. Manfaat Glukosaminoglykan (GAGs)
a. Meringankan arthritis dan sakit/nyeri persendian
b. Membantu meningkatkan kadar insulin darah
c. Bersama omega 3, 6, dan 9 mencegah penyumbatan dalam sirkulasi darah
4. Manfaat Chondroitin
a. Meringankan Artritis
b. Menjaga Persendian (pelicin sendi), menjaga kelenturan persendian
c. Membantu dan mencegah osteoporosis dan osteoarthritis
d. Membantu memelihara jaringan ligmen pada tulang
5. Manfaat Mukopolisakarida
a. Membantu/melancarkan sirkulasi darah
b. Memelihara sistem jantung
c. Menghilangkan rasa sakit (zat penahan sakit alamiah)
d. Membantu menurunkan inflamasi dan mempercepat proses
    penyembuhan luka
e. Membantu masalah wasir
f. Menurunkan & menstabilkan hipertensi/darah tinggi
6. Manfaat Omega 3 dan Omega 6
a. Membantu meningkatkan pembakaran energi & metabolisme sel

b. Menjaga system penghantaran impuls syaraf dan memelihara
    tekanan darah

c. Menurunkan kekentalan darah, sehingga mengurangi resiko
    serangan jantung
d. Menurunkan kolesterol LDL dan Trigliserida
e. Menurunkan HDL
7. Manfaat Mineral : Potassium, Fosfor, Kromium, Magnesium, Kalsium, Besi, Sodium
a. Mengaktifkan keseimbangan enzim
b. Bersama protein membentuk keseimbangan hormon & sistem kelenjar
c. Menghasilkan sel darah merah
d. Mencegah anemia darah
e. Membantu toleransi gula darah
f.  Bersama GAGs, membantu mengatasi toleransi gula darah
8. Manfaat Asam Amino :
Terdapat 18 macam asam amino, termasuk 9 macam asam amino esensial, kandungan asam aminonya lebih tinggi dari asam amino yang terdapat pada ikan laut, ayam dan telur.
a. Membentuk sel-sel baru
b. Memperbaiki jaringan
c. Membentuk anti bodi atau daya tahan tubuh
d. Menyelaraskan enzim & hormon
9. Manfaat Vitamin B
a. Vitamin B1 (Thiamin)

     -  Sebagai bagian dari enzim
     -  Membantu fungsi sel syaraf.
     -  Diperlukan untuk produksi energi di dalam otak.
b. Vitamin B2 (Riboflavin)

     -  Diperlukan untuk metabolisme energi dan membangun jaringan.
c. Vitamin B3 (Niasin)

     -  Diperlukan untuk metabolisme energi, pencernaan dan sistem
        syaraf yang sehat
10. Antiseptik Alamiah
a. Zat untuk mencegah bakteri, jamur, infeksi
b. Anti tumor

Protein


Protein merupakan senyawa polimer organik yang berasal dari monomer asam amino yang mempunyai ikatan peptida. Istilah protein berasal dari bahasa Yunani “protos” yang memiliki arti “yang paling utama”.
Protein memiliki peran yang sangat penting pada fungsi dan struktur seluruh sel makhluk hidup. Hal ini dikarenakan molekul protein memiliki kandungan oksigen, karbon, nitrogen, hydrogen, dan sulfur. Sebagian protein juga menagndung fosfor.

Protein pertama kali ditemukan pada tahun 1838 oleh Jöns Jakob Berzelius. Protein adalah salah satu biomolekul raksasa yang berperan sebagai komponen utama penyusun makhluk hidup. Protein membawa kode-kode genetik berupa DNA dan RNA.
Beberapa makanan yang dapat menjadi sumber protein adalah: daging, telur, ikan, susu, biji-bijian, kentang, kacang, dan polong-polongan.
Seorang Biokimiawan USA dan juga Profesor untuk biokimia di Yale bernama Thomas Osborne Lafayete Mendel pernah melakukan percobaan protein kepada kelinci pada tahun 1914. Sekelompok kelinci diberi makanan protein hewani. Kelompok lain diberi makanan protein nabati. Hasil dari eksperimen ini adalah kelinci yang diberi protein hewani beratnya bertambah lebih cepat daripada kelinci yang diberi makanan berprotein nabati.
Studi yang lain dilakukan oleh seorang peneliti bernama McCay dari Universitas Berkeley. Percobaan yang dilakukannya menunjukan bahwa kelinci yang diberi makanan protein nabati dapat hidup lebih sehat dan hidup dua kali lebih lama dari yang lain.
Manfaat Protein
Manfaat protein bagi tubuh kita sangatlah banyak. Protein sangat mempengaruhi proses pertumbuhan tubuh kita. Diantara manfaat protein tersebut adalah sebagai berikut:
  • Sebagai enzim. Protein memiliki peranan yang besar untuk mempercepat reaksi biologis.
  • Sebagai alat pengangkut dan penyimpan. Protein yang terkandung dalam hemoglobin dapat mengangkut oksigen dalam eritrosit. Protein yang terkandung dalam mioglobin dapat mengangkut oksigen dalam otot.
  • Untuk Penunjang mekanis. Salah satu protein berbentuk serabut yang disebut kolagen memiliki fungsi untuk menjaga kekuatan dan daya tahan tulang dan kulit.
  • Sebagau Pertahanan tubuh atau imunisasi Pertahanan tubuh. Protein ini biasa digunakan dalam bentuk antibodi.
  • Sebagai Media perambatan impuls syaraf.
  • Sebagai Pengendalian pertumbuhan.
  •  
    Kalau saya mendengar kata kedelai, yang pertama terbayang diotak saya adalah tempe dan tahu. Dua makanan tersebut adalah makanan pertama yang mengendung kedelai yang hadir di meja makan rumah kita semua. Mungkin kesannya makanan yang terbuat dari kedelai adalah makanan rumahan, makanan ndak elit dan kurang bermutu karena harganya yang cenderung murah, dan mudah ditemui di warteg-warteg terdekat. Sebagian teman saya malu mengakui mereka suka makan tempe atau tahu, tapi sebagian yang lain bangga karena mereka suka mengkonsumsi susu kedelai atau yang kita kenal dengan Soy Milk, yang sesungguhnya juga merupakan turunan lain olahan kedelai.
    Dirumah saya, mama suka sekali makanan olahan kedelai seperti tempe, yang diolah dengan berupa ragam cara, seperti tempe bacem, tempe garing, gulai tempe (maklum orang padang, semua juga di gulai kalo perlu), sate tempe, dan masih banyak lagi. Sedangkan papa saya suka tahu kecap. Bwok… sederhana banget yak makannya. Kalo dirumah lagi gak ada makanan apa-apa, paling gampang ya buka kulkas lalu goreng tahu atau tempe.

    Olahan kedelai menjadi bagian dari sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain tempe, tahu dan susu kedelai yang sudah saya sebutkan diatas, kedelai juga banyak variasi olahan lain nya, yaitu tepung kedelai, tauco, dan kecap yang sangat mendominasi santapan di Indonesia.
    Jadi siapa yang gak suka kedelai, atau belum pernah makan olahan kedelai?
    Kedelai itu sudah lama dikenal di Indonesia terlihat dari begitu bervariasinya sebutan kedelai, seperti: sojaboom, soja, soja bohne, soybean, kedele, kacang ramang, kacang bulu, kacang gimbol, retak mejong, kaceng bulu, kacang jepun, dekenana, demekun, dele, kadele, kadang jepun, lebui bawak, lawui, sarupapa tiak, dole, kadule, puwe mon, kacang kuning (aceh) dan gadelei.
    Kedelai itu termasuk dalam keluarga kacang-kacangan yang berukuran kurang lebih sebesar kacang polong, dan memiliki tingkatan nutrisi sangat tinggi terutama protein nabati. Kedelai baik bagi tubuh manusia. Kedelai telah menjadi sumber protein yang penting selama lebih dari lima ribu tahun. Selain bernutrisi tinggi, kedelai merupakan sumber minyak nabati yang kaya akan protein lengkap, karbohidrat, serat, lemak sehat, dan sejumlah vitamin dan mineral penting untuk kesehatan. Di dalam satu biji kedelai terkandung sejumlah besar asam fitat, asam alfa-Linolenat, isoflavon genistein dan daidzein. Lengkap ya!
    Iya tau kandungan nutrisinya banyak, terus kenapa? Kenapa kita harus mengkonsumsinya?
    Selain karena begitu tingginya kandungan protein nabati kedelai yang lebih besar dibanding kacang-kacangan lain plus 9 asam amino menjadikan kedelai spesial. dan sejumlah kandungan yang telah disebutkan diatas turut menambah deretan kebaikan kedelai bagi kesehatan. Dan berikut 8 kandungan utama kedelai, dan manfaatnya bagi tubuh:
    Oke, sekarang cukup soal kedelai dan segala kandungan nya yang rumit itu. Intinya, makan kedelai dan segala olahannya kan bagus buat kesehatan kita, tapi ndak mungkin donk kita kemana pergi nyemilin tempe goreng atau tahu goreng, dan lagi segala yang digoreng kan juga gak terlalu baik buat kesehatan kita, nah…. 

    8 Manfaat Kedelai


    Kita sering mengatakan bahwa kedelai dapat menjadi pengganti daging bagi mereka yang tergolong vegetarian. Kedelai merupakan gudang nutrisi dan Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari sejumlah produk berbasis kedelai seperti susu kedelai, tahu, tauge, kacang, saus dan tepung. Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang banyak terdapat di Asia Timur. Mereka diklasifikasikan sebagai biji minyak. Kedelai dianggap sebagai protein lengkap karena adanya jumlah asam amino esensial. Manfaat kedelai ditemukan pada negara-negara seperti China dan Jepang, di mana masyarakatnya lebih kecil terkena penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan kelenjar prostat. Berikut sejumlah manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dari kedelai
    1. Antioksidan Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon, di mana bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa ini bertanggung jawab untuk memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari dan proses tubuh yang normal. 
    2. Mengurangi resiko penyakit jantung Protein dan isoflavon hadir dalam kedelai, membantu dalam mengurangi kolesterol LDL (kolesterol "jahat") serta penurunan kemungkinan pembekuan darah. Hal ini pada gilirannya, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan, konsumsi susu yang mengandung 25 gram protein kedelai selama sembilan minggu mengakibatkan penurunan 5% kolesterol LDL rata-rata.
    3. Mencegah kanker Isoflavon bertindak sebagai agen antikanker yang melawan sel-sel kanker. Melindungi tubuh dari kanker hormon seperti itu dari rahim, payudara dan prostat. 
    4. Membalikkan efek endometriosis Kedelai membantu dalam menunda aksi estrogen alami tubuh, yang bertanggung jawab untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit selama periode menstruasi (perdarahan berat) dan gejala lainnya pada wanita. 
    5. Mencegah osteoporosis Protein kedelai membantu dalam penyerapan yang lebih baik kalsium dalam tulang. Isoflavon yang hadir dalam makanan kedelai berfungsi untuk memperlambat kehilangan tulang dan menghambat kerusakan tulang yang pada gilirannya mencegah osteoporosis.
    6. Mengatasi gejala menopause Kandungan isoflavon pada kedelai membantu untuk mengatur estrogen. Penelitian telah menemukan bahwa isoflavon kedelai dapat mengurangi rasa panas pada badan (hot flushes) pada wanita menopause.
    7. Memberi efek baik untuk diabetes dan sakit ginjal Protein dan serat yang larut dalam kedelai, mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal, dengan demikian mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal. 
    8. Menjaga berat badan Kandungan serat yang tinggi pada kedelai sebagai alat untuk manajemen (mengatur) berat badan. Ini adalah indeks glisemik rendah (GI) makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga dapat membantu mengontrol rasa lapar. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan. Itulah manfaat Dari kedelai .

No comments:

Post a Comment