Manchester United

Sabtu, 21 Januari 2012

Tempe Baik bagi Jantung

Penyakit jantung menjadi momok menakutkan bagi semua orang. Jenis penyakit ini masih menduduki peringkat pertama yang mematikan. Sehingga perlu bagi kita untuk menjaga dan merawat jantung agar penyakit tersebut tidak menyerang.

Salah satu cara yang bisa ditempuh, selain menerapkan pola hidup sehat, juga bisa mengonsumsi makanan yang baik bagi jantung. Tempe salah satunya. Jenis makanan merakyat ini terbuat dari kedelai yang mengandung lemak rendah. Selain tempe, sejumlah makanan juga baik untuk dikonsumsi

1. Sayuran Hijau

Sayuran seperti bayam, lobak, selada selain sehat juga dikenal bisa mengurangi penyakit jantung dan kanker. Kandungan lemaknya rendah, juga memiliki kalori dan serat yang tinggi. Selain itu, asam folat, magnesium, kalsium, kalium juga tertanam dalam jenis sayuran tersebut.

Tak kalah penting, mineralnya sangat bermanfaat untuk menjadikan jantung berfungsi optimal. Peneliti menyatakan satu porsi sayuran hijau dalam sehari, bisa menurunkan risiko jantung sebesar 11 persen.

2. Gandum

Gandum jadi salah satu pilihan tepat untuk sarapan. Tak hanya memberikan kenyang, namun juga besar manfaatnya bagi jantung. Dalam kandungannya, terdapat zat beta glucon yaitu sejenis serat yang larut membantu turunkan kadar kolesterol, terutama kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Protein kedelai

Kedelai berasal dari kacang kedelai. Mereka juga tersedia dalam bentuk potongan kedelai dan kedelai cincang yang mudah di pasar saat ini. Kedelai adalah makanan baik dan sangat sehat. Ia menjadi pengganti daging merah yang tinggi lemak, yang bisa meningkatkan kolesterol jahat dan lemak jenuh yang sangat buruk bagi jantung.

4. Tomat

Tomat merupakan sumber vitamin dan dapat menjadi pembersih darah. Mengonsumsi tomat secara teratur akan kurangi risiko penyakit jantung. Vitamin K dalam tomat hadir membantu mencegah terjadinya perdarahan. Makan tomat dalam bentuk mentah pada salad atau sandwich, dimasak dalam bentuk gravies atau kecap akan membuat menu Anda semakin berselera.

5. Apel

Sebuah apel sehari akan membuat Anda sehat karena di dalamnya mengandung guercetin. Hal ini juga bisa membantu mencegah pembekuan darah. Makan apel saat sarapan dengan sereal atau makan sebagai camilan saat lapar bisa membuat pola makan Anda bervariasi

Tujuh Rahasia Seks Wanita

Memang tidak ada yang mengetahui apa isi hati setiap wanita. Apalagi isi hati kaum perempuan terkadang sulit untuk diterka. Terkadang ingin A, tapi besoknya bisa berubah jadi B.

Bagaimana dengan rahasia seks wanita yang ia inginkan dari pasangannya? Dr Rajan B. Bhonsle, konsultan seks di India memaparkan tujuh rahasia tersebut. Berikut rahasianya seperti dikutip laman Timesofindia:

1. Pujian

Wanita sangat senang jika dipuji. Untuk itu, para kaum pria perlu melakukan pembicaraan halus dan memberikan pujian-pujian sebelum berhubungan intim. Wanita akan sangat bahagia bila pasangannya melakukan hal tersebut.

2. Jujur akan penampilannya

Banyak wanita khawatir akan hilangnya kecantikan mereka, seperti badan yang semakin gemuk, kulit keriput, dsb. Mereka akan lebih khawatir lagi jika suami diam saja dan tidak memberi komentar atas perubahan fisik sang wanita.

Wanita akan takut suaminya berpaling ke yang lain. Untuk itu, perlu bagi kaum lelaki untuk jujur mengakui perubahan fisik tersebut. Sehingga kaum wanita akan merasa diperhatikan. Tapi ingat, katakan dengan halus untuk pengakuan jujur tersebut.

3. Gairah seks dipengaruhi oleh keadaan

Berbeda dengan lelaki, gairah seks wanita sangat dipengaruhi oleh suasana hatinya saat itu. Di saat wanita sedang sedih, kesal, atau marah, mereka tidak bergairah untuk melakukan hubungan intim. Maka dari itu, kaum pria perlu menetralisir keadaan sang wanita terlebih dahulu sebelum mengajaknya ke ranjang.

4. Orgasme tidak terlalu dibutuhkan

Banyak kaum lelaki yang ingin membuat pasangannya orgasme. Sehingga, mereka selalu berusaha membuat wanitanya mencapai klimaks. Hal itu memang bisa sangat menyenangkan bagi sang wanita, namun ternyata tak selalu penting bagi wanita. Wanita lebih memilih pemanasan yang romantis dari sang lelaki ketimbang mencapai orgasme.

5. Seks tidak harus serius

Pada umumnya, kaum pria lebih mengganggap serius hubungan seks mereka. Padahal, wanita ingin hubungan tersebut berjalan dengan menyenangkan. Wanita lebih ingin hubungan seks yang rileks.

6. Sentuhan yang lembut

Wanita sangat senang jika dibelai, dipegang tangannya, dan dipeluk mesra oleh pasangannya. Namun, kebanyakan para pria hanya melakukan hal ini saat pemanasan menjelang seks. Lakukan sentuhan dan pelukan di saat lain, sehingga mereka akan bahagia mempunyai suami seperti Anda [baca: Ingin Puaskan Pasangan? Beri Dia Sentuhan!].

7. Perhatian usai seks itu sangat penting

Selesai melakukan hubungan seks, kaum lelaki cenderung untuk tertidur mengingat terjadinya penurunan fase fefraktori usai ejakulasi. Namun, wanita tidak menyukai hal itu. Wanita perlu beberapa tahap untuk kembali ke fase semula. Untuk itu, ada baiknya kaum lelaki tidak langsung tidur. Merangkul wanita usai melakukan hubungan seks akan sangat menyenangkan bagi mereka. Selamat mencoba

Mengetahui Jumlah Kalori Makanan Itu Penting

Dalam aktivitas sehari-hari, kita perlu sejumlah kalori yang dapat menghasilkan tenaga. Untuk itu, kita perlu makan karbohidrat tiga kali sehari. Selain itu kita harus mengetahui takaran kalori yang terkandung dalam makanan yang kita makan.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu dan tidak menyadari akan pentingnya jumlah kalori yang dimakan setiap hari. Ketidaktahuan tersebut dapat berdampak pada resiko penyakit kanker, diabetes, dan jantung. Demikian yang dilansir dalam laman Zeenews, baru-baru ini.

Menurut survei yang dilakukan di Inggris oleh Badan Penelitian Kanker Dunia (WCRF), dua per tiga orang dewasa tidak peduli akan jumlah kalori yang ia makan. Dari sampel yang disurvei, hanya 32 persen yang tahu kalau "humus" adalah makanan berkalori tinggi dan juga hanya ada 29 persen yang tahu bahwa "mayones rendah lemak" mengandung karbohidrat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa mereka tidak tahu jumlah kalori yang mereka makan. Padahal hal tersebut sangat penting untuk mengatur pola makan.

"Banyak orang yang membuat resolusi Tahun Baru untuk menurunkan berat badan tetapi mereka juga harus mengetahui dan mengatur jumlah kalori yang ia makan," Ujar Maya Monteiro, Ketua WCRF

Berciuman Bikin Otot Wajah Kuat

Siapa sangka berciuman membawa manfaat bagi kesehatan. Kegiatan adu bibir yang dianggap jorok bagi sebagian orang, ternyata ada manfaatnya.  berciuman bisa membuat otot-otot wajah Anda menjadi kuat.

Saat Anda berciuman, sebanyak 30 otot digunakan di aktivitas menyenangkan tersebut. Sehingga hal ini bisa membantu pipi untuk tetap ketat dan bagus.

Tak kalah penting, berciuman secara alami akan membuat Anda terasa santai. Laporan ilmiah mengatakan mencium meningkatkan tingkat oksitosin, kimia alami menenangkan tubuh dan endorfin yang bisa meningkatkan perasaaan baik tubuh. Bertukar lidah juga dapat meningkatkan dopamin, yang bisa membantu perasaan romantis muncul.

Agar bisa mendapatkan apa yang diharapkan, ada baiknya sebelum Anda melakukannya untuk membersihkan mulut. Selain menjaga kebersihan, hal ini juga akan membuat mulut terasa segar saat beradu di peraduan

Wow, Air Mentah Paling Baik untuk Tubuh

Percayakah Anda dengan temuan tersebut? Menurut pakar Lingkungan Universitas Indonesia, Mohammad Hasroel Thayib, air mentah ternyata air paling baik untuk dikonsumsi tubuh dibandingkan dengan air yang dipanaskan.

Menurutnya, dalam kandungan air panas terdapat unsur radikal bebas yang bisa menimbulkan penyakit gagal ginjal. "Air itu kalau dipanaskan hingga 100 derajat celcius selama lima menit mengandung radikal bebas," ujar Hasroel kepada Antara News, baru-baru ini.

"Unsur dalam air ada yang pecah saat dipanaskan sehingga menjadi radikal bebas seperti hidrogen radikal, hidroksida radikal dan radikal lainnya," jelasnya.

Ia melanjutkan, berbagai penyakit seperti gagal ginjal muncul jika seseorang mengonsumsi air berkandungan radikal bebas. Karenanya, ia menganjurkan untuk mengonsumsi air mentah.

Lantas bagaimana caranya mengingat air mentah rawan terhadap bakteri dan kuman. "Tentu ada solusi," ujarnya. Ia menjelaskan, air yang telah dimasak kemudian disimpan dalam kendi. Lalu baru dikonsumsi setelah dua hari.

Lalu bagaimana bila ingin membuat kopi dengan seduhan air panas? Hasroel mengusulkan proses pengekstrakkan kopi dengan air dingin bisa dilakukan

Caranya, ia menjelaskan, gunakan dua gelas plastik di mana salah satu gelas dilubangi bagian bawahnya sehingga seperti saringan. Kemudian gelas satunya dibiarkan tak berlubang, lalu tuangkan kopi. Kemudian letakkan gelas berlubang di atas gelas pertama, tuangkan air dingin ke dalam gelas itu.

"Manfaatnya, minuman kopi itu pun menjadi rendah kafein karena kafeinnya tidak larut," katanya datar. Ia menambahkan, minuman kopi hasil pengekstrakan dapat dipanaskan cukup sampai 60 derajat celcius sehingga belum terjadi radikal bebas dalam air.

Obat Herbal Cina Mengandung Khasiat Luar Biasa

Pengobatan tradisional Cina saat ini berkembang pesat. Bukan cuma di klinik tapi sudah dipraktikkan di rumah sakit internasional yang dikombinasikan dengan teknologi kedokteran ala barat.

Salah satu pesatnya pesatnya perkembangan masyarakat Cina disebabkan mereka yang tak melupakan akar budaya dan tradisi. Termasuk pengobatan tradisionalnya. Pengobatan tradisional Cina termasuk yang tertua di dunia mulai dibukukan pada 2.697 sebelum Masehi.

Kaisar Huang Ti Ching atau biasa disebut Kaisar Kuning yang memerintah saat itu mempunyai kepedulian terhadap kesehatan rakyatnya. Banyak tabib dikumpulkan kaisar dan merangkum dalam buku yang dikenal sampai saat ini yaitu Nei Ching atau The Yellow Emperor's Books of Internal Medicine.

Sistem kerja pengobatan tradisional Cina digunakan secara bertahap dari penyaluran energi yang disebut Chi. Yaitu untuk memperkuat hawa dan menyimbangkan yin dan yang, dua unsur penting dalam tubuh manusia. Obat-obatan Cina masih banyak dalam bentuk tumbuhan seperti racikan daun sampai potongan akar. Inilah yang diyakini lebih paten karena tak menimbulkan efek berbahaya dibanding obat lain.

Kini penggunaaan herbal dalam pengobatan tradisional Cina telah mendapatkan pengakuan dari kedokteran ala barat. Yaitu setelah mengadakan banyak kerjasama penelitian dan pengobatan. Di Cina dan Taiwan kini ada puluhan rumah sakit yang resmi menggunakan pengobatan tradisional Cina. Salah satunya Changhua Christian Hospital di Taiwan.

Rumah sakit modern ini telah lama mempraktikkan pengobatan tradisional Cina yang banyak menggunakan herbal sebagai obat. Ketua Yayasan Soposurung Balige Tb Silalahi yang berkesempatan mengunjungi rumah sakit ini melihat adanya potensi yang bisa dikembangkan di Indonesia.

Pada pengobatan tradisonal Cina juga dikombinasikan dengan teknik kedokteran modern seperti pemeriksaan general check up yang dimulai dengan pemeriksaan lidah. Hasilnya langsung dapat diketahui dan dianilisis penyakit apa yang tengah diderita

Mau tahu semua tentang "Kerang"? Nutrisi dan Manfaat Kerang

Manfaat makan kerangSetiap kita mengunjungi rumah makan seafood biasanya kita slalu menemukan menu yang berasal dari kerang. Kerang biasa diolah menjadi sebuah menu  yang nikmat, meskipun ada beberapa orang memiliki alergi terhadap kerang.  Sebenarnya kerang memiliki manfaat untuk kesehatan kita. Sebagai bahan makanan kerang merupakan sumber vitamin B12(cobalamin), yaitu nitrisi penting bagi kesehatan kardiovaskular. Sistem Kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis). Vitamin B12 dalam kerang bermanfaat untuk menjinakkan homosistein, zat kimia yang dapat merusak dinding pembuluh darah manusia.
Menurut penelitian didalam 100 gram kerang mengandung 33 persen vitamin B12 dari kebutuhan harian yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Mengkonsumsi vitamin B12 juga akan melindungi kolon dari kanker, karena vitamin B12 mampu mencegah terjadinya mutasi sel. Kerang juga kaya akan asam lemak omega 3, kalium serta magnesium, zat-zat ini mempunyai manfaat yang baik membantu kinerja  sistem kardiovaskular, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.
Mengonsumsi seafood, termasuk kerang minimal 1-3 kali per bulan dapat mencegah terjadinya serangan stroke iskemik. dan apabila  kita mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 setiap hari, misalnya kerang, risiko terjadinya penyakit jantung koroner akan menurun secara signifikan. Seperti dalam sebuah di Jepang terhadap 41.578 pria dan wanita usia 40-59, yang di muat dalam jurnal Circulation, pada januari tahun 2006 yang lalu.
Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kerang dianjurkan untuk mengkonsumsi kerang yang dimasak dengan cara direbus atau dipanggang daripada kerang yang dimasak dengan cara digoreng. Kerang dan makanan laut lainnya adalah sumber utama zat gizi mineral seperti iodium (I), zat besi (Fe), seng (Zn), kalsium (Ca), fosfor (P), kalium (K), selenium (Se), fluor (F), asam lemak omega 3 dan lain – lain. Mineral yang terkandung dalam makanan laut lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan yang berasal dari serelia dan kacang-kacangan.
Manfaat lain dari kerang adalah sebagai bahan makanan yang mampu meningkatkan vitalitas. Billy Goldberg, M.D seorang psikiater dan ahli bedah UGD warga amerika serikat bekerja sama dengan Mark Leyner seorang peneliti dan kajian kesehatan dalam buku mereka “Why Do Men Have Nipples” ; menyatakan bahwa kerang jelas mempunyai bentuk yang bisa di hubungkan dengan anatomi tubuh  tertentu, tetapi ini tidak menjadikan makanan ini obat perangsang.  Walaupun belum ada penelitian yang benar – benar membuktikan kebenaran dari beberapa teori yang telah di buat tentang kerang. Kerang mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama seng. Seng mampu mengendalikan kadar progesteron, yang mempunyai pengaruh positif terhadap libido manusia.
Kandungan yang terdapat di dalam Kerang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan biota laut lainnya, kerang merupakan salah satu sumber mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti besi (Fe),  fosfor (P) , Flour (F), iodium (I), kalsium (Ca), Kalium (K), seng (Zn), selenium (Se) dan lain – lain. Kandungan mineral tersebut lebih mudah diserap tubuh dibandingakan dengan mineral yang berasal dari kacang – kacangan ataupun serelia. Dengan mengkonsumsi kerang secara teratur maka secara otomatis kita mendapat asupan kalsium yang memadai, sehingga kita dapat terhidar dari penyakit Osteoporosis (tulang keropos).

Meskipun Kerang mengandung kolesterol yang cukup tinggi, namun kadar lemak total maupun lemak jenuhnya rendah. Bahkan Kerang memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda (Omega 3) yang tinggi, dan seperti yang telah kita ketahui Omega 3 dengan karakteristiknya yang unik mampu mencegah dan mengurangi penumpukan kolesterol dan melekatnya bintik- bintik darah pada dinding pembuluh darah yang merupakan sebab utama serangan jantung dan Stroke yang mematikan.

Selain itu kerang juga merupakan sumber Vitamin larut lemak seperti Vitamin A, D, E dan K dan juga Vitamin larut air seperti B-1, B-2, B-6 (piridoxin), B-12 dan Niasin.
Sekitar 300 gr kerang ternyata sudah mencukupi kebutuhan harian B-12 tubuh, dan mengkonsumsi Vitamin B-12 secara teratur ternyata mampu melindungi kolon dari resiko kanker.

Kerang juga merupakan sumber protein hewani yang tergolong dalam Complete Protein, karena kadar asam amino essensialnya yang tinggi (85% – 95%) protein yang terkandung didalam kerang jadi mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini berarti Kerang bisa dijadikan makanan diet yang tepat untuk mereka yang membutuhkan protein tinggi seperti Binaragawan. Dalam sebuah penelitian di Universitas Washington di Seattle, Amerika Serikat menyebutkan bahwa daya serap kolesterol kerang – kerangan lebih rendah 25% dibandingkan kolesterol ayam dan kepiting. Dalam penelitian Marian T. Childs tersebut mereka melibatkan delapan sukarelawan normolipidemia (kadar lemak darah dalam kategori normal) selama tiga minggu. Selama tiga minggu tersebut mereka menjalani diet berdasarkan sumber kolesterolnya, seperti diet kerang (diet standar + kerang), kepiting (diet standar + kepiting), dan ayam (diet standar + dada ayam tanpa kulit).

Namun perlu di perhatikan bagi pengidap penyakit asam urat atau gout dalam mengkonsumsi kerang sebaiknya sangat dibatasi atau lebih baik lagi dihindari, karena kerang mengandung purin yang dapat meningkatkan asam urat. Bagi penggemar kerang hijau juga harus hati – hati dalam memilih kerang yang akan di beli. Kerang hijau yang mengkonsumsi makanan dengan cara menyaring makanan yang terlarut dalam air sering menimbulkan bahaya bagi yang mengkonsumsinya, karena kerang hijau yang hidup di perairan tercemar maka dagingnya juga akan ikut terkontaminasi sehingga berbahaya bagi manusia yang mengkonsumsinya. Namun hal tersebut dapat dihindari dengan bebarapa cara diantaranya dengan memindahkan kerang tersebut selama 15 hari di lokasi yang tidak tercemar atau direndam selama 72 jam dalam air bak berisi air bersih yang mengalir.

Anda tentunya mengenai mutiara sebagai salah satu hasil dari budidaya kerang yang terkenal di seluruh penjuru dunia karena keindahannya. Berbagai sesoris dan kerajinan bahan dasar kulit kerang kerap digunakan pula sebagai hiasan rumah. Namun dibalik keindahan itu, masakan laut (sea food) berbahan dasar daging kerang juga sangat lezat dan digemari banyak orang.
Di Indonesia, jenis kerang yang paling dikenal adalah kerang darah dan kerang hijau (kupang awung). Ada yang menyebutnya pula dengan remis, tiram, atau lokan. Tidak susah untuk mendapatkan kerang di pasar tradisional atau supermarket. Selain itu harganya juga cukup terjangkau. Berbagai warung atau restoran sea food hingga penjual soto pasti juga menyediakan masakan kerang seperti sate kerang, kerang asam manis, kerang masak saus, sup kerang, atau hanya kerang rebus raja. Dan kabar baiknya lagi, selain lezat kerang juga bernutrisi tinggi.
Apa Saja Kandungan Nutrisinya? Makanan laut merupakan sumber protein, asam lemak tak jenuh, vitamin, dan mineral (seng, zat besi, selenium, magnesium, dan iodium).

Kaya protein

Kandungan protein kerang hampir sekitar 25,5 gr per 100 gr. Kandungan asam aminonya juga berprofil lengkap. Asam amino yang jumlahnya paling tinggi tiap 100 gramnya adalah glutamate 3474 mg, aspartat 2464 mg, lysine 1909 mg, arginin 1864 mg dan leusin 1798. Tahukah Anda jika cita rasa kerang yang gurih secara alami karena mengandung asam aspartat dan asam glutamate.
Tinggi vitamin B12 Kerang juga mengandung vitamin B12 yang tinggi sekitar 98.9 mcg/100 mg.
Kaya asam lemak omega-3 dan omega-6 Kerang mengandung omega-3 (396 mg /100 gr) dan omega-6 (32 mg /100 gr) yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan sangat baik untuk kesehatan jantung.
Tinggi mineral besi dan selenium Kerang juga kaya akan mineral. Kandungan mineral yang tertinggi adalah besi (28 mg /100 gr) dan selenium (64 mcg/100 gr).
Apa Saja Manfaatnya?
• Protein memiliki fungsi vital bagi tubuh sebagai pembentuk enzim, pembentukan sel organ dan otot, pembentuk hormon, perbaikan sel yang rusak, pengatur metabolisme, pembentuk sistem kekebalan tubuh dan beragam manfaat lain yang meningkatkan kesehatan.
• Vitamin B12 membantu pencernaan makanan, menjaga kesehatan sistem syaraf dan pembentukan sel tulang.
• Asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam kerang berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga baik untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Kedua asam lemak sehat ini juga dapat meningkatkan kecerdasan otak bila dikonsumsi sejak usia anak-anak.
• Mineral besi berfungsi untuk pembentukan komponen utama sel-sel darah merah, sehingga menurunkan resiko darah rendah (anemia).
• Mineral selenium berperan sebagai antioksidan
untuk mencegah kerusakan sel dari radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung
• Karena berbagai kandungan nutrisi tersebut, kerang sangat cocok sebagai menu diet yang tinggi protein dan kandungan lemak jenuh yang sangat rendah (hanya 0,2 gram/ 100gram).
Hati-hati

Meski kerang sangat baik dikonsumsi, sebaiknya Anda perhatikan beberapa tips berikut ini :

• Pilihlah kerang mentah yang masih segar dan cangkangnya utuh, tidak retak atau pecah. Cangkang kerang atau tiram yang masih hidup akan segera menutup bila dipegang dengan tangan.
• Dianjurkan mengonsumsi kerang dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang daripada digoreng untuk mendapatkan kandungan nutrisi dan manfaat terbaik. Kerang segar juga disajikan mentah pada beberapa warung atau restoran penyaji sea food.
• Kerang mengandung kolesterol yang cukup tinggi 67 mg/ 100gr, dan konsumsi kolesterol per hari yang dianjurkan maksimal sekitar 300 mg. Tidak dianjurkan mengkonsumsi kerang berlebihan. Satu porsi kecil setiap harinya sudah cukup untuk mendapatkan semua manfaatnya.
• Kerang mengandung basa purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Pengidap penyakit asam urat atau gout lebih baik menghindari atau membatasi konsumsi kerang.